Beranda > belajar, jejaring sosial, komputer > Jejaring Sosial

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari benik-benik individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesesamaan sosialitas mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Ukuran maksimum dari jejaring sosial cenderung mendekati 150 orang dan rata-rata berukuran sekitar 124.

Jejaring sosial juga bisa diartikan sebagai internet aplikasi yang membantu menghubungkan antar teman, bisnis kolega, atau individual yang lain dengan menggunakan alat yang bervariasi. Aplikasi ini terkenal dengan nama online jejaring sosial dan sangat populer.

Jejaring sosial website yang pertama adalah classmates.com, yang dimulai pada tahun 1995. Di tahun 2005 sudah terdaftar lebih dari 300 websites untuk jejaring sosial. Untuk lis yang lebih lengkap bisa lihat di WikiPedia.com.

Struktur Jejaring Sosial

Dasar
Pada umumnya, jejaring sosial seperti MySpace dan Facebook, mengijinkan pengguna untuk membuat profil untuk diri sendiri. Pengguna bisa meng-upload foto dan menjadi teman dengan pengguna yang lain. Tetapi di jejaring sosial servis yang lain, pengguna harus menjadi teman dari seseorang yang sudah menjadi aggota untuk bisa masuk. Aplikasi jejaring sosial biasanya mempunyai kontrol untuk mengatur siapa yang boleh melihat profile dan menghubungi pengguna.

Tambahan
Jejaring sosial yang besar, seperti MySpace, mempunyai fiktur tambahan seperti kemampuan untuk membuat grup yang berbagi tujuan atau keanggotaan yang sama, meng-upload vidio, dan mengadakan diskusi di forum.

Kelakuan Pengguna
Pengguna sering berusaha untuk mengumpulkan teman atau berusaha untuk menyambung teman sebanyak mungkin. Dengan demikian, sudah tidak aneh lagi kalau pengguna sering mendapat tawaran untuk menjadi teman dari orang lain yang mereka tidak kenal. Beberapa pengguna akan membuat profil tambahan yang menyamar identitas orang lain, seperti bintang film atau fiktif karakter.

Masalah Kerahasian Pribadi

Jejaring sosial yang besar mempunyai masalah kerahasian pribadi, dimana pengguna memberikan informasi pribadi yang mendetil dan adanya predator sex. Akan tetapi servis besar seperti MySpace, bekerja sama dengan pihak hukum untuk menghindari masalah seperti ini.

Lihat Juga

  • Komunitas Maya
  • TheSocialNetworkWeblog: Daftar “lengkap” jejaring sosial dengan grup bisnis, kesamaan tujuan, cari pacar, tatap muka, teman, mososo(pakai HP), binatang peliharaan, foto, dan jejaring sosial plus.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: