Apa Itu RSS?

Pembaca pasti sering melihat simbol RSS Feed, RSS Feed, atau XML Feed selama browing internet; seperti di blog ini disebelah kanan-bawah: Yuk Langganan! Simbol ini mempunyai arti yang sama: RSS atau web feed. RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication (versi 2.0), Rich Site Summary (versi 0.91 dan 1.0), atau RDF Site Summary (versi 0.9). Sebernarnya RSS itu cuma format untuk file yand ditulis dengan menggunakan kerangka XML; versi format terbaru adalah 2.0.

RSS diciptakan untuk mempermudah komunikasi antara pembaca dan penulis. Pembaca baca artikel atau berita yang ditulis oleh penulis. Penulis sering merubah tulisannya untuk memberikan fakta2 yang baru. RSS diciptakan supaya pembaca yang berlangganan berita atau artikel (dari blog, misalnya) untuk menerima suntingan yang terbaru dari sipenulis.

Untuk menerima update, pembaca harus berlangganan. Untuk berlangganan bisa menggunakan feed reader, juga dikenal sebagai feed aggregator atau news reader seperti Google Reader, Bloglines, dll) atau browser seperti Internet Explorer, Firefox, dll. Langganan dengan menggunakan browser adalah yang paling mudah–kalau sudah tidak mau berlangganan lagi tinggal hapus pranalanya. Ketika pengguna menekan simbol RSS Feed, pengguna kan ditanya untuk mau berlangganan atau tidak. Coba berlangganan RSS, jangan takut salah. Kalau salah mudah dibetuli.

Contoh Feed Aggregator

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: