Beranda > belajar, komputer > Anakku Main Internet

Anakku Main Internet

Pedoman untuk orang tua yang mempunyai anak belasan tahun yang gandrung dengan internet.

Internet menjadi populer karena sifatnya yang sangat terbuka. Dimana semua orang bisa ikut berpartisipasi baik sekedar cari berita atau membuat berita, dan tempat untuk berkumpul di dunia maya melalui jejaring sosial. Keterbukaan internet menjadi simbol generasi baru–ditakuti oleh negara komunis atau sebagian besar negara timur tengah, tetapi sangat digemari oleh mereka yang mendambakan kemerdekaan politik dan sosial ekonomi.

Kebebasan membuka suara dan membuat ekspresi kelihatannya tidak terbatas. Internet tidak mempunyai polisi–orang tua yang harus menjadi polisi untuk keselamatan anak-anak.

10 Pedoman Untuk Orang Tua

  1. Sempatkan waktu untuk membuat internet akun (imel, blog, dll) bersama. Catatlah nama login dan sandi. Bicaralah dengan mereka bahwa orang tua perlu login/sandi untuk mengecek kadang-kadang dan bukannya untuk memata-matai mereka.
  2. Sempatkan waktu untuk membicarakan apa yang anak-anak sukai di internet, punya blog dimana, chat dengan teman dimana, dan siapa teman-teman mereka. Dengarkan mereka; jangan melihat semuanya dari pandangan orang tua.
  3. Aplikasi parental control tidak mengeblok semua situs, tapi lebih baik daripada tidak ada. Periksa situs yang anak kunjungi.
  4. Jangan gaptek tentang internet. Semakin mengerti tentang internet semakin mudah membicarakan hal-hal yang positif dan negatif tentang internet kepada anak-anak. Sempatkan waktu untuk membicarakan situs mana yang anak-anak sering kunjungi atau teman-teman mereka.
  5. Tempatkan PC diruangan yang terbuka–orang tua bisa melihat layar komputer sambil berjalan.
  6. Memberi batasan kapan mereka boleh pakai komputer/internet sangat membantu.
  7. Didik anak untuk tidak mem-posting hal-hal yang memalukan atau personal. Jangan menggunakan nama sebenarnya dan memberi alamat rumah, sekolah, nomer telpon/HP/imel. Beritahu anak untuk berhati-hati jika menayangkan tentang orang lain atau anggota keluarga yang lain.
  8. Beritahu anak untuk melaporkan keorang tua bila menerima imel atau chat dari orang lain yang isinya tidak pantas.
  9. Perhatikan kelakuan anak yang mencurigakan, seperti menutup atau mengecilkan browser jika melihat orang tua atau menerima telpon dari orang tak dikenal.
  10. Jangan download file dari internet tanpa seijin orang tua. Internet file, terutama yang gratis, banyak mengandung virus, malware, dan spyware

(Saduran bebas dari PC Magazine dan Security at Home).

Aplikasi Parental Control

Aplikasi ini bisa melarang situs mana yang boleh dikunjungi dan berapa lama mereka boleh main internet. Aplikasi ini tidak murah (US $25 – $90) dan harus diperpanjang tiap tahun–karena daftar situs terlarang selalu berubah. Aplikasi ini bisa melarang:

  • Situs yang masuk “black-list”
  • Memfilter teks
  • Memfilter gambar pornografi (iShield).

Daftar aplikasi parental control:

Ada juga aplikasi yang disebut “activity monitoring software” dan ini termasuk kelas kakap karena semua aktivitas akan direkam; termasuk data-entry dari keyboard (keylogger), chat, email, dan apa saja yang ada di layar tanpa sepengetahuan pengguna komputer. Contoh aplikasi ini adalah Spector Pro. Apakah orang tua perlu menggunakan aplikasi seperti ini? Aplikasi ini seperti mata-mata (spy) dan sangat intrusive (ngga kenal privasi lagi). Pertimbangkan dulu keuntungan dan kerugiannya sebelum memakai aplikasi ini.

Pranala Yang Berguna

Kategori:belajar, komputer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: