Beranda > belajar, komponen PC, komputer > Intel Processor

Intel Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah “otak”nya komputer. Intel adalah manufaktur CPU yang paling populer, diikuti oleh AMD (Advanced Micro Devices).

Dulu ukuran kecepatan CPU adalah clock speed (GHz), contoh: 3GHz lebih cepat dari 2GHz CPU. Semakin tinggi clock speed berarti CPU mampu memproses instruksi komputer semakin cepat. Sekarang ukuran kecepatan tidak hanya tergantung dari clock speed saja. Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan adalah:

  • Dual-Core mampu memproses beberapa aplikasi secara paralel. Dengan Hyper-Threading, beberapa tugas dijalankan melalui satu arus, tapi dengan dual-core, tugas-tugas ini dipisah menjadi dua arus dan tiap arus diproses sendiri-sendiri.
  • Hyper-Threading (HT) memungkinkan 2 pekerjaan untuk dijalankan pada saat yang sama (paralel). Dengan HT, anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa merasakan lagging/lamban.
  • L2 Cache: memori kecepatan tinggi tempat menyimpan data yang sering dipakai oleh CPU. RAM juga memori tetapi aksesnya lebih lamban. PC dengan L2 Cache yang besar memungkinkan lebih banyak data yang bisa diakses dari memori ini sehingga keseluruhan sistem bekerja lebih cepat. Cache ini disebut juga secondary cache dan mempunyai chip sendiri; sedangkan primary cache biasanya didalam CPU itu sendiri. Ukurang cache ada yang 512Kb sampai 2Mb atau lebih.
  • Front Side Bus: Mempengaruhi kecepatan data transfer dari CPU ke RAM dan graphics card dan sebaliknya. PC dengan FSB yang tinggi cocok untuk games dan digital media.
  • Execute Disable Bit: Menurunkan ancaman sekuriti dari virus seperti memory buffer overflow dimana aplikasi anti-virus tidak bisa menanggulangi.
  • Enhanced Intel SpeedStep: Menyediakan kemampuan yang maksimal jika diperlukan dan mengurangi jika tidak. Lebih sering dipakai di laptop atau notebook untuk mengirit penggunaan listrik dari baterai.
  • Extended Memory 64 (64-bit): Sistem dengan 32-bit CPU mempunyai maksimum kapasitas 4GB untuk RAM. Untuk menjalankan aplikasi yang besar dan memerlukan memori lebih besar dari 4GB, data extra akan ditulis di hard-disk sehingga memperlamban prosesnya.

Beda antara Core 2 Duo dan Core Duo

Intel memang senang buat pusing konsumer dengan kode barang yang mirip tapi tak serupa. Core Duo adalah CPU dual-core pertama yang dibuat oleh Intel. Masih sering disebut dengan nama Pentium Dual-Core.  Kecepatannya lebih pelan daripada Pentium, Core Duo menghemat energi daripada mempercepat clock speed, tapi karena mempunyai dua core CPU ini mampu mencapai atau melebihi kecepatan standar Pentium.

Core 2 Duo sama dengan Core Duo. Mereka dibuat melalui proses yang sama dan dua-duanya mempunyai socket yang sama. Bedanya Core 2 Duo tersedia dengan clock speed yang lebih tinggi. Core Duo dikit demi dikit menghilang dari pasaran.

Merek dan Jenis Intel CPU:

  1. April 3, 2008 pukul 5:13 am

    nice artikel…kayaknya ada 1 faktor lagi yaitu kecepatan RPM dari hardisk ..:D:D

  2. September 24, 2014 pukul 4:28 pm

    You are so cool! I don’t suppose I’ve read through something like this
    before. So wonderful to find somebody with unique thoughts on this subject matter.
    Really.. thanks for starting this up. This website
    is something that’s needed on the internet, someone with a bit of originality!

  3. November 18, 2015 pukul 1:44 pm

    Very nice! I’ll be passing by for more on a regular basis😉

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: