Beranda > belajar, komputer > BitTorrent

BitTorrent

Biasanya kalau kita download sesuatu, sumbernya hanya dari satu situs/distributor tertentu. Kalau banyak orang yang download dari situs tersebut, kecepatan downloadnya menjadi sangat lamban atau mungkin kita tidak bisa konek. Hal ini menjadi masalah besar untuk situs yang menyediakan multimedia download seperti video, musik, aplikasi, dll. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan peer-to-peer file sharing seperti BitTorrent.

Cara Kerja

Sebelum kita bisa menggunakan file sharing, kita harus mendownload BitTorrent client, seperti Azureus, BitTornado, LimeWire, Rufus, dll. Dengan menggunakan client ini kita juga menjadi distributor untuk file yang pernah kita download sebelumnya.

bit-torrent
Sumber GIF file: Wikipedia
Dalam animasi diatas, barisan warna dibawah tiap client menunjukkan bagian/potongan dari file. Setelah potongan file ini sampai ditempat client dari distributor utama, potongan ini siap untuk di distribusi dari client ke client. Distributor utamanya hanya diperlukan untuk mengirim copy file pertama ke semua client.

Batasan dan Keamanan

Banyak orang berprasangka bahwa dengan menggunakan bitTorrent identitas kita menjadi anonymous dan tidak bisa dilacak. Hal ini tidak benar karena IP address kita akan disimpan di server. Pengguna dial-up tidak perlu kuatir karena IP address kalian berubah setiap kali anda konek ke internet.

Seperti di internet pada umumnya, file atau software yang tersedia tidak dijamin bebas malware. Hati-hati dalam mendownload file. Download hanya dari distributor yang dikenal.

Kategori:belajar, komputer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: