Beranda > belajar > Google Chrome

Google Chrome

Secara resmi, hari ini kita bisa download Google Chrome beta. Chrome adalah browser buatan Google sendiri yang dikabarkan lebih cepat, lebih aman, dan lebih berguna. Feature yang membedakan browser ini dari yang lain adalah penempatan tab folder di atas, menu item di samping kanan yang menghemat GUI space, dan page snapshot untuk history list. Dan satu lagi: incognito window–untuk browsing internet secara privat–maksudnya browser ini tidak akan menyimpan history dan cookies.

Bagi web developer, Chrome mempunyai build-in JavaScript debugger, JavaScript console, dan Task Manager.  Task Manager menunjukkan berapa memory dan CPU  yang dipakai untuk tiap webpage di tiap tab, seperti Windows TaskManager. Bagi computer geek, atau para pantek, bisa klik Stats for nerds untuk melihat detail penggunaan real dan shared memory. Stats ini juga bisa dipanggil langsung dengan menulis “about:memory” di browser URL.

Rupanya Google menggunakan beberapa features dari Firefox. Ya mau dikata apa sebab Google adalah penyumbang paling besar untuk Mozilla Firefox. Barusan ini Google dan Firefox sepakat untuk memperpanjang kerjasamanya sampai 2011: Google tetap menjadi default browser untuk Firefox, Firefox dapat dana tunjangan, dan Firefox masih tetap independent.

Incognito mode

Untuk render web page, Chrome menggunakan WebKit engine. Engine ini juga dipakai di Apple Safari yang terbukti lebih cepat dari Internet Explorer. Untuk memproses JavaScript, Chrome menggunakan V8 engine yang mereka klaim lebih cepat dari engine yang ada sekarang ini. Firefox juga akan meng-upgrade JavaScript engine nya dengan TraceMonkey di versi 3.1. Saya masih mengevaluasi Chrome, jadi masih belum bisa ngomong panjang lebar tentang kelebihan atau kekurangannya.

Special page: Selain about:memory, kalian juga bisa coba

  • about:stats
  • about:internets
  • about:histograms — coba cek yang ini
  • about:dns
  • about:cache
  • about:plugins
  • about:version

Baca lifehacker.com tentang cara mengaktifkan fiktur2 terbagus dari Chrome di Firefox.

Kategori:belajar Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: