Beranda > belajar, gratis, komputer > Virtual Machine

Virtual Machine

Sering kita dengar kata virtualization di dunia perkomputeran, game, matematika, bahkan didalam percakapan sehari hari. Kali ini saya mau diskusi tentang virtual machine. Jangan diartikan mesin khayalan lho nanti jadi ngobrol tentang StarTrek dan sebangsanya😀

Dalam ilmu komputer, virtual machine diartikan software implementasi yang memungkinkan operating system (OS) dijalankan di atas operating system yang lain. Misalnya di Windows XP kita bisa jalankan Linux, Windows 2000, atau Mac OS. Ini bukan dual-boot, dimana satu komputer mempunyai beberapa OS dan kita pilih mau boot yang mana. Dalam dual-boot, kita harus reboot untuk pindah dari satu OS ke OS yang lain.

Dengan virtual machine, beberapa OS bisa jalan bersamaan, bisa di shutdown atau reboot sendiri tanpa mempengaruhi OS yang lain. OS dasar, seperti Windows XP contoh diatas,  disebut host machine dan OS yang lain disebut guest machine. Lihat snapshot dibawah ini, dimana kubuntu linux jalan diatas XP.

kubuntu guest machine dalam XP host machine.

kubuntu guest machine dalam XP host machine.

Virtualization software yang saya coba adalah Sun xVM VirtualBox yang free and open source. Host computer harus punya cukup RAM dan hard disk space, apalagi kalau guest OS nya perlu banyak RAM untuk bisa jalan, misalnya semua Windows operating system. Guest yang saya coba adalah kubuntu linux dan saya alokasi RAM cuman 256MB dan HD 8GB. Bisa jalan smooth….. no problem. Mouse dan keyboard bisa di share oleh XP dan kubuntu, hanya perlu pejet hot-key (Control key sebelah kanan). Untuk setup VirtualBox sangat mudah, tinggal create new guest machine dan alokasi HD. Lihat VirtualBox GUI yang sederhana dibawah.

Sun xVM VirtualBox GUI

Sun xVM VirtualBox GUI

Selamat mecoba, kalau tertarik, kalau tidak tertarik… ya sekarang kalian mengerti apa itu virtual machine. Setelah baca artikel ini bisa sok-sok an ke teman, bilang kamu ngerti virtualization. Siapa tahu bos kamu tertarik dan minta kamu implementasi untuk di kantor. Naik pangkat dan tambah gaji kan lumayan.

  1. Oktober 4, 2008 pukul 12:57 pm

    Pengen banget punya Intel-VT ato AMD-V😦

  2. indro
    Januari 27, 2009 pukul 10:46 pm

    kalau cara menjalankan Guest Machine gimana ?
    Guest Machine bisa untuk menjalankan aplikasi semacam photoshop? dan bisa di otak-atik registry nya?
    thanks

  3. Februari 9, 2009 pukul 10:58 am

    indro, di guest machine kamu bisa install software apa saja yang compatible dengan OS guest machine tsb; bisa rubah system settings, dll. Asal ingat bahwa photoshop perlu memory yang cukup besar, ditambah memory untuk jalanin guest OS.

  4. Mei 12, 2009 pukul 9:38 am

    indro, tambahan untuk vm (virtual machine). untuk kerja saya di kantor perlu test aplikasi dengan beberapa OS spt: xp pro sp2, vista dll. untuk database-nya pake kombinasi sql server 2000 & 2005. dengan vm, ini semua bisa terlaksana, yang penting perlu alokasi memory dan space yang memadai, seperti sudah di jelaskan oleh Bpk Guru di atas (contoh-nya OS Vista dgn sql server 2005 kami alokasi 10 GB space-ini termasuk aplikasi yang mau di-test dan 750MB memory). tiap vm yang anda create bisa install aplikasi seperti layak-nya komputer tersendiri. untuk satu host machine, saya bisa luncurkan 3 vm sekaligus, hal yang sangat membantu bikin testing lebih cepat selesai. ada satu hal yang saya kira cukup menarik bahwa anda bisa transfer files antara host dan guess machine, cara-nya create folder di host dan pilih ‘Settings|Shared Folders’.

    • Mei 12, 2009 pukul 10:04 pm

      Terima kasih banyak atas tambahan informasi dari pengalaman kerja. Saya percaya informasi ini bisa berguna untuk teman2 yang lain, termasuk saya sendiri.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: