Beranda > belajar, bengkel > HP Color LaserJet 2605dn

HP Color LaserJet 2605dn

Saya beli printer ini sudah beberapa tahun yang lalu tapi sangat jarang dipakai; dipakai hanya kalau perlu print berwarna. Printer ini cukup bagus dengan build-in network, 4 toner cartridge, 64 MB memory, print speed 12 halaman/menit hitam-putih dan 10 halaman/menit berwarna.

Sudah beberapa bulan ini network cardnya tidak bekerja. Di ping tidak ada respon meskipun di konek langsung dengan router. Untuk sementara saya harus konek dengan USB kabel untuk bisa memakainya. Saya punya Linksys print server tapi hanya support kabel paralel. Cari adaptor dari USB ke paralel tidak pernah ketemu yang pas. Sampai kemarin saya hampir beli USB print server.

Hari ini saya off dari kantor dan masih penasaran untuk betulin printer ini. Berusaha hubungi HP tapi ditolak karena sudah tidak di support lagi. Penasaran saya Google tentang network problem dg printer jenis ini tapi tidak mendapat hasil. Ada orang yang bilang ganti formatter cardnya, tapi ongkosnya hampir sama dengan beli printer baru. Jalan buntu.

Iseng-iseng saya upgrade firmware dari versi 20061114 ke 20071108. Setelah upgrade saya print configuration page untuk buktiin bahwa firmware version nya ganti. Terkejut saya waktu melihat Host name dan IP address nya terisi kembali (sebelumnya selalu kosong). Ping bekerja kembali. Penasaran saya reboot komputernya dan test ping dan print – semuanya bekerja.

Semoga artikel ini bisa berguna bagi pembaca, baik untuk troubleshooting printer network atau sekedar sebagai bahan bacaan.

Kategori:belajar, bengkel
  1. Awan
    Februari 9, 2010 pukul 3:53 am

    cara update firmawarenya gmn yah, apa lewat webnya atau gmn?

    • Februari 9, 2010 pukul 8:40 am

      Firmware bisa didownload dari web site manufacturer printer . Jadi misalnya untuk HP harus didownload dari http://www.hp.com; disite tsb ada link untuk support/drivers.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

