Beranda > belajar > Sinkronisasi File dan Folder

Sinkronisasi File dan Folder

Sering kita menggunakan beberapa komputer untuk bekerja, menyelesaikan tugas sekolah ataupun sekedar bermain. Dengan demikian file dan folder yang kita gunakan tersebar ditiap-tiap komputer dan memaksa kita untuk menggunakan floppy disc, portable hard-disk atau memory stick untuk membuat copy atau update file/folder tersebut. Bagi pengguna komputer yang canggih mereka menyimpan data “in the cloud”, maksudnya meng-upload datanya di internet, baik sebagai email attachment atau free storage seperti skydrive, dll.

Bagi mereka yang menggunakan multiple komputer dan perlu sinkronisasi file dan folder, Microsoft mengeluarkan SyncToy. Aplikasi ini gratis dan berguna untuk share file dengan komputer lain atau membuat backup copy. Dengan menggunakan SyncToy, kita tidak perlu lagi memilih file mana yang paling baru dan file mana yang ada atau tidak ada di folder. SyncToy akan membuat sumber dan tujuan folder identikal, tapi bisa di atur dengan merubah settings.

Di SyncToy ada istilah folder kiri dan folder kanan — sebagai sumber dan tujuan — dan ada tiga aksi pilihan:

  1. Synchronize: folder kiri dan kanan jadi identikal
  2. Echo: folder kiri jadi sumber — semua perubahan di folder kiri akan di trapkan di folder kanan. Setting ini cocok kalau kita menggunakan folder kiri sebagai sumber aktivitas dan folder kanan sebagai backup.
  3. Contribute: sama seperti Echo tapi tanpa delete.

Ada opsi untuk memilih file/folder yang akan dipilih atau tidak dalam proses sinkronisasi. Untuk mengautomasi proses sinkronisasi antara komputer yang ada di network bisa menggunakan Task Scheduler untuk menjalankan SyncToy pada hari dan jam tertentu.

Kategori:belajar
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: