Daftar Kata

Daftar kata-kata yang sering dijumpai di internet atau dunia perkomputeran. Daftar ini akan selalu berkembang mengingat penggunaan kata-kata didunia maya yang selalu bertambah.

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

A

Adware
Baca artikel “…ware”
Ajax
Singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML, adalah teknik yang digunakan dipembuatan situs agar kelihatan lebih dinamis dengan mengijinkan sebagian dari halaman yang di update.

B

Backdoor
Baca artikel “…ware”
BitTorrent
Peer-to-peer file sharing protokol. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel “BitTorrent”
Blog
Kata singkat dari web-logwe(blog). Situs yang menayangkan secara kronologi (berdasarkan waktu) posting dari seorang atau beberapa orang dan biasanya mempunyai pranala untuk memberi komentar pada posting tersebut. Orang yang menulis blog dikenal dengan sebutan blogger.
Botnet
Baca artikel “…ware”

C

Chat(ting)
Pertukaran komentar (teks) dengan satu atau lebih orang melalui network komputer.
CPU
Singkatan dari Central Processing Unit. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan PC selain clock speed, baca artikel Intel CPU

D

Database
Koleksi data yang diatur sedemikian rupa untuk gampang dan cepat dicari dan dikeluarkan. Bagi pengguna, data ini akan ditayangkan seperti tabel dengan lajur dan kolom. Contoh aplikasi seperti Microsoft Access, Oracle, MySQL, ProsgreSQL, dBase, dll.
Dialer
Baca artikel “…ware”
Domain
Domain name adalah bagian dari alamat yang digunakan untuk internet, misalnya: microsoft.com. Domain dibagi menjadi beberapa tingkat. Tingkat pertama (top-level domain) adalah: .com, .net, .org, .info, dll. Tingkat kedua adalah nama perusahaan, sekolah, atau perorangan, misalnya wordpress.com. Tingkat ketiga lebih dikenal dengan nama subdomain, misalnya: www di http://www.microsoft.com adalah subdomain dari microsoft.com. Domain name tidak boleh sama dan untuk mendapatkan harus registrasi dan membayar iuran tahunan ke domain registrar seperti: http://www.register.com, http://www.networksolutions.com, http://www.melbourneit.com.au.
Download
Istilah untuk meng-kopi dari internet melalui pranala di web browser atau sarana FTP.
DSL
Singkatan dari Digital Subscriber Line adalah teknologi yang meningkatkan kapasita digital di kabel telpon biasa ke pelanggan rumah atau kantor. Kalau kecepatan modem biasa hanya sampai 56Kbps (kilo bits per second), DSL, paling tidak 2X lebih cepat. Jangkauan dan kecepatan DSL tergantung dari jarak antara tempat pelanggan dengan kantor telpon. DSL servis dibagi menjadi dua kategori:
  • ADSL (Asymmetric DSL): kecepatan download lebih tinggi daripada upload dan bisa menggunakan kabel telpon yang sudah ada. Kategori ini terdiri dari ADSL (8Mbps/1Mbps), RADSL (Rate Adaptive DSL–7Mbps/1Mbps), dan VDSL (Very high bit rate DSL). VDSL bisa mencapai 52 Mbps download dan 16 Mbps upload, tetapi lokasi rumah dan kantor telpon harus tidak lebih dari 1200 meter.
  • SDSL (Symmetric DSL): kecepatan download dan upload yang sama tinggi. Meskipun SDSL menggunakan kabel telpon biasa, tapi kabel ini harus dipisah untuk telpon dan untuk SDSL. Yang termasuk di kategori adalah: SDSL (144Kbps – 1.5Mbps), HDSL (High bit rate–668Kbps – 2.048Mbps), dan IDSL (ISDN DSL–144Kbps).
Selain lebih cepat daripada modem biasa, DSL menyediakan operasi “always-on”–selalu nyambung ke internet; dimana pengguna modem biasa harus konek ke ISP dulu sebelum bisa pakai internet.

E

Ethernet
Standar metoda akses untuk LAN. Ini bisa berarti spesifikasi untuk LAN, atau juga kartu network (Ethernet card). Kecepatan ethernet: 10Mbps, 100Mbps, dan 1000Mbps (1Gbps).

F

Feed
Menyuapi, memberi makan, membantu atau menunjang, menyediakan untuk dikonsumsi. Istilah yang umumnya digunakan untuk distribusi elektronik untuk media teks, audio atau video. Bisa juga diartikan untuk sindikasi radio atau acara TV yang dipancarkan secara teratur, atau untuk teks dan grafik dari situs atau blog.
Freeware
Perangkat lunak yang tersedia secara gratis, biasanya melalui internet. Banyak juga freeware yang dibuat melalui open source, tetapi freeware pada umumnya tidak menyediakan source-code nya.
FTP
Singkatan dari File Transfer Protocol–fasilitas ftp digunakan untuk men-download atau upload file dari komputer ke komputer yang lain.

G

GPRS
Singkatan dari General Packet Radio Service. Servis ini tersedia untuk pelanggan jaringan GSM. GPRS digunakan untuk SMS, MMS(multimedia), WAP (aplikasi web), dan komunikasi internet seperti imel dan akses ke situs web.

H

HTML
Singkatan dari HiperText Markup Language — umumnya digunakan untuk membuat webpage. Untuk mengetahui lebih banyak atau belajar lihat W3 Schools.

I

IMAP4
Singkatan dari Internet Message Access Protocol 4, adalah interface standar yang menghubungkan email client dengan mail server. POP3 dan IMAP4 adalah dua akses protokol yang umum yang dipakai untuk internet email. IMAP4 menyediakan tempat/storage untuk menampung email yang datang sampai pengguna email login dan mendownload email ini. IMAP4 bisa dikonfigurasi untuk mendownload hanya email header saja, yang berisi To/From, dan pengguna bisa memilih email mana yang mau didownload untuk dibaca.
Internet
Jaringan komputer yang berhubungan satu dengan yang lain diseluruh dunia. Pada mulanya, tahun 1969, internet adalah proyek untuk membuat jaringan komputer dibawah naungan Departement Pertahanan Amerika Serikat. Jaringan ini terdiri dari fasilitas pendidikan dan fasilitas lain diluar industri dan bertema untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sekarang jaringan ini menyebar hampir diseluruh dunia dan digunakan oleh badan pemerintahan, perindustrian, universitas, dan perseorangan.

J

Java
Bahasa programming yang dipelopori oleh Sun Microsystems awal tahun 1990. Pada umumnya Java ini dibagi menjadi dua edisi: Standard Edition (SE) dan Enterprise Edition (EE).

K

Key Logging
Baca artikel …ware

L

Log
Catatan tentang apa saja yang terjadi dan biasanya disimpan di file untuk bisa dibaca disaat lain. Catatan ini bisa untuk hal-hal yang terjadi di komputer yang ditulis oleh operating system (Windows, misalnya), atau dari aplikasi yang lain.
Link (pranala)
Link adalah alamat yang digunakan di browser untuk menunjukan situs atau lokasi file yang lain. Dengan meng-klik pranala ini, pengguna dibawa ke situs yang lain, tempat download, atau membuka imel klien.

M

Malware
Baca artikel “…ware”

N

Newsgroup
Group diskusi di internet dengan topik tertentu. Dimulai oleh seseorang menulis posting untuk bertanya atau memberi komentar. Kemudian orang-orang mulai menanggapi dan membentuk rantai (thread) tanya-jawab. Newsgroup sudah dimulai sebelum adanya web dan biasanya hanya berupa teks. Dengan perkembangan internet, newsgroup mampu menayangkan tidak hanya teks, tetapi juga audio, seperti mp3, dan foto.

O

Open Source
Perangkat lunak yang dibuat oleh perorangan atau komunitas yang sifatnya terbuka–kode program tersedia untuk siapa saja dan boleh dimodifikasi untuk kepentingan sendiri. Hak cipta open source ada beberapa macam; ada yang benar-benar bebas, boleh diganti tetapi gantiannya harus dikirim balik ke sumbernya, atau gratis untuk perorangan tetapi harus bayar kalau akan didistribusi lagi.

P

Podcast
Singkatan dari iPOD broadCAST adalah pemancaran audio yang sudah disimpan sebagai mp3 atau format lain untuk diputar balik di digital music player atau komputer. Untuk berlangganan podcast bisa menggunakan RSS, download, atau streaming.
POP3
Singkatan dari Post Office Protocol 3; adalah interface standar yang menghubungkan email client dengan mail server. Email client yang populer adalah Eudora, Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. POP3 dan IMAP4 adalah dua akses protokol yang umum yang dipakai untuk internet email. POP3 menyediakan tempat/storage untuk menampung email yang datang sampai pengguna email login dan mendownload email ini. Email akan didownload secara keseluruhan termasuk attachment.
Port
Istilah port, digunakan dalam komunikasi menggunakan TCP/IP protokol, adalah nomer yang dicantumkan pada user session. Nomer ini kadang-kala bisa sembarang nomer, tapi ada kalanya nomer tertentu dipakai untuk aplikasi tertentu, misalnya: port 21 untuk FTP, 25 untuk SMTP, 80 untuk HTTP, dan 110 untuk POP3. Untuk daftar yang lebih lengkap bisa baca di Wikipedia.
Post (posting)
Pesan atau berita elektronik yang dikirim ke newsgroup atau blog.
Public Domain
Istilah ini dipakai untuk menerangkan kumpulan dari pengetahuan dan penemuan dimana tidak ada seseorang atau badan hukum yang bisa menyatakan hak milik. Dengan kata lain, pengetahuan dan penemuan tsb dianggap sebagai kultur keturunan; semua orang bisa memakai secara bebas.

Q

x
x

R

Rootkit
Baca artikel “…ware”
RSS
Baca Apa Itu RSS?

S

Shareware
Perangkat lunak yang mempunyai hak-cipta yang tersedia gratis untuk dicoba, tetapi pengguna harus membayar setelah masa percobaan habis atau jika tidak perangkat lunak itu akan berhenti untuk bekerja.
SMTP
Singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, adalah standar protokol untuk mengirim email, dimana POP3 dan IMAP4 untuk menerima email.
Social Networking
Baca Jejaring Sosial.
Spyware
Baca artikel “…ware”

T

Telnet
Singkatan dari TELetype NETwork–adalah protokol network yang digunakan di internet atau local area network. Aplikasi telnet tersedia hampir disemua operating sistem seperti Unix dan Windows. Dengan menggunakan telnet pengguna bisa login ke terminal lain dimana pengguna mempunyai akun. Misalnya dengan menggunakan komputer dirumahnya pengguna bisa telnet ke komputer dikantor. Telnet hanya bisa menayangkan teks.

U

URL
Singkatan dari Unified ResourceLocator–alamat yang digunakan untuk internet dan terdiri dari protokol, domain, dan path yang lain. Misalnya: https://pantek.wordpress.com/daftar-kata/ terdiri dari:
  • protokol: http. Protokol lain misalnya ftp dan telnet.
  • nama domain: pantek.wordpress.com
  • path yang lain: daftar-kata
Upload
Istilah untuk mengirim file dari komputer lokal ke host atau komputer remote melalui pranala dari browser atau sarana FTP.

V

Virus
Baca artikel “…ware”
VoIP
Singkatan dari Voice over Internet Protocol. Orang awam bilang “telpon lewat internet” dengan menggunakan client seperti Skype, Gizmo Project, Yahoo Messenger, atau Windows Messenger, AOL Instant Messenger, dan masih banyak lagi. Dengan sarana VoIP, pengguna bisa berbicara dengan pengguna lain dengan menggunakan headphone. Percakapan ini umumnya terjadi antara komputer-dengan-komputer. Servis baru memungkinkan koneksi antara komputer dengan telpon atau sebaliknya, tapi dengan dipungut biaya, misalnya Yahoo Messenger Phone Out dan Phone In. Komersial VoIP menyediakan servis ini tanpa memerlukan komputer, tetapi pengguna harus mempunyai koneksi broadband. Dengan komersial VoIP pengguna bisa melakukan pembicaraan telpon-ke-telpon.

W

Warez
Software kopian gelap.
Web 2.0
Gelombang kedua dari World Wide Web yang ditandai dengan dominasi para pengguna membuat blog, audio, video dan populernya jejaring sosial.
Weblog
Lihat blog.
Worm
Baca artikel “…ware”
WWW
Singkatan dari World Wide Web. Singkatan ini digunakan sebagai nama depan situs web, tetapi ini bukan keharusan.

X

XML
Singkatan dari eXtensible Markup Language–semacam HTML tetapi lebih serba guna. HTML bisa disebut sebagai derivatif dari XML. Microsoft menggunakan versi XML yang disebut Open XML untuk menyimpan file dari aplikasi Microsoft Office 2007.

Y

x
x

Z

x
x
  1. fds
    Februari 7, 2016 pukul 4:29 am

    See our site in order to lern more

  1. Maret 28, 2007 pukul 5:59 pm
  2. Maret 28, 2007 pukul 8:04 pm
  3. September 16, 2008 pukul 11:04 am
  4. Januari 7, 2011 pukul 6:03 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: